Rabu, 02 Januari 2013

KEINGINAN KONSUMEN


Hal terpenting di mata  kosumen pada dasarnya adalah harga, kualitas dan kecepatan. Semakin ketatnya (baca: nikmat) peraingan di era ini, produsen atau penyedia jasa mau tidak mau mampu memberikan ketiga hal tersebut kepada . Berikut tips pengusahadunia.com yang dikutip dari kompas untuk bisa memenuhi keinginan konsumen dan unggul dalam persaingan.
Baik dalam segalanya, hebat dalam satu hal
Konsumen berharap anda menawarkan suatu produk dengan kualitas terbaik, harga murah dan tepat waktu. Namun, konsumen sangat jarang  anda hebar dalam ketiga aspek tersebut. Anda harus mencari tahu  anda harus hebat apakah dari segi harga, kualitas dan servis. Orang yang obyektif bisa memberikan penilaian terhadap  anda. Peforma usaha anda harus dipastikan lebih hebat dalam 1 hal, dan cukup bisa bersaing untuk 2 hal lainnya.
Memperkuat Perkuat posisi
Pelanggan lebih memilih pelayanan yang baik, produk, makanan, atau apa pun yang ingin mereka dapatkan dari uang yang mereka keluarkan berdasarkan kelebihan yang ditawarkan perusahaan. Jika mereka tak yakin apa kelebihan perusahaan Anda, mereka akan lebih memilih perusahaan kompetitor yang sudah jelas kelebihannya, dan bisa memberikan apa yang mereka cari. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah menentukan, menambahkan, dan mempromosikan kelebihan Anda. Jika Anda memiliki harga yang cenderung lebih murah ketimbang pesaing Anda, pastikan Anda memiliki tim yang selalu memantau harga si pesaing agar bisa memastikan bahwa harga Anda adalah yang terbaik. Jangan lupa mempromosikan harga bersaing Anda tersebut untuk membantu penjualan.
Namun jika perusahaan Anda lebih baik ketimbang perusahaan pesaing, pastikan hal itu benar-benar terjadi. Misal, jika perusahaan Anda mampu menyelesaikan order tepat waktu dan dalam keadaan baik, maka jagalah brand positioning tersebut. Promosikan, bahwa perusahaan Anda adalah salah satu yang menjaga efisiensi kerja dan waktu. Jika kualitas adalah keutamaan Anda, baik dalam hal produk, servis, keahlian, kenyamanan, dan setting bisnis, atau reputasi keseluruhan, maka pertahankan kelebihan Anda tersebut dengan terus-menerus memperbaiki produk atau jasa Anda.
Hadapi kelemahan Anda.
Dalam menumbuhkan bisnis, Anda harus bisa menarik calon pelanggan yang beranggapan anda tidak bisa memberikan sesuatu yang mereka butuhkan. Analisa mengapa calon konsumen tidak memilih perusahaan anda. Coba memikirkan kenapa calon konsumen berpikir perusahaan anda tidak bisa memberikan sesuatu yang mereka inginkan? Jika impresi mereka salah, bantu para calon pelanggan Anda untuk memandang dengan cara berbeda. Jika mereka benar, tambahkan penawaran menarik agar mereka mau berbisnis dengan Anda.
Lakukan sekarang
Jika perusahaan besar bisa menyesuaikan organisasi besar mereka untuk memenuhi keinginan pasar yang menginginkan segalanya, perusahaan kecil Anda pun pasti bisa melakukannya juga. Lakukan sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar