Rabu, 12 Desember 2012

MENINGKATKAN DAYA SAING


DAYA SAING BISNIS – Dalam dunia bisnis persaingan menjadi sesuatu hal yang tidak bisa dielakkan. Karena itu setiap pelaku bisnis harus selalu meningkatkan daya saing bisnisnya dari waktu ke waktu. Berbagai macam strategi dan teknik dipakai untuk memenangkan persaingan bisnis yang kadang memang sangat menguras tenaga dan sumber daya dalam bisnis. Belum lagi munculnya pesaing-pesaing baru yang semakin banyak turut memberi andil betapa pentingnya selalu meningkatkan daya saing bisnis. Hukum alam dalam bisnis berlaku, siapa yang kuat dalam persaingan dialah yang akan survive dalam menjalankan bisnis.

Hal pertama yang harus dimiliki oleh pebisnis dalammeningkatkan daya saing bisnis adalah membiasakan diri dengan tantangan untuk mempertahankan produktivitasnya dan keuntungan di saat bisnis dalam kondisi terancam. Jika bisa melewati setiap ancaman, maka akan semakin kokoh dalam daya saing bisnisnya.
Dalam meningkatkan daya saing bisnis, setiap pesaing adalah ancaman yang harus selalu diamati dan diwaspadai. Setiap pergerakan dari pesaing harus ditanggapi denga reaksi dan aksi yang dilakukan secara kolektif oleh seluruh komponen perusahaan. Semua sumber daya harus dikerahkan untuk menghadapi pesaing.
Ada beberapa hal yang penting dilakukan oleh pelaku bisnis dalam meningkatkan daya saing bisnisnya, antara lain :
1. Lakukan Komunikasi secara aktif brand value dari bisnis yang anda miliki, yakni apa yang membuat bisnis dan produk Anda spesial dan serta layak dipilih oleh konsumen.
2. Bandingkan bisnis Anda dengan usaha orang lain. Apakah ada perbedaan yang mencolok, jika ada segera cari kelemahannya dan segera perbaiki.
3. Temui pelanggan dan pahami persepsi serta kebutuhan mereka.
4. Perkuat dan memahami serta pertahankan penyebab keberhasilan dalam berbisnis.
5. Cari tahu kenapa pelanggan lebih mencari Anda daripada pesaing Anda.
6. Tinjau ulang kekuatan dan kelemahan pesaing secara rutin. Kembangkan sebuah rencana kerja yang nantinya akan meminimalkan kekuatan dan mengeksplotasikan kelemahan mereka.
7. Kembangkan serta sempurnakan produk dan taktik yang digunakan untuk menjual dengan memanfaatkan pemahaman Anda mengenai persaingan.
Meningkatkan daya saing dalam bisnis tidak semata-mata dari internal perusahaan saja, tetapi juga perlu mempertimbangkan hal-hal yang dari luar. Selalu melakukan update informasi dari pesaing maupun pasar adalah hal yang penting dalam meningkatkan daya saing bisnis.Semoga sukses.
Sumber:
http://www.marketing.co.id/blog/2012/07/13/ide-bisnis-untuk-meningkatkan-daya-saing/
share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar