Selasa, 04 Desember 2012

PERILAKU KONSUMEN


9 customer behavior trends dalam cover story-nya. Tak disangkal, memahami perilaku konsumen di sebuah wilayah adalah mutlak bagi pemasar. Berikut adalah beberapa perilaku pelanggan yang dikupas dalam edisi teranyar.
Pertama, I Hunt Deals. Konsumen Indonesia cenderung “berjuang mati-matian” dalam memperoleh produk yang harganya lebih murah, meskipun selisihnya mungkin cuma seribu perak. Konsumen juga pandai dalam menimbang-nimbang nilai lebih dari sebuah tawaran, meskipun produk yang dijual sama, tapi mereka rela memilih tempat yang memberikan benefit lebih.
Kedua, I dare to buy. Konsumen Indonesia sekarang lebih berani merogoh kocek lebih dalam untuk membeli apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Keberanian ini didasari oleh kepercayaan diri akan daya belinya selama 12 bulan ke depan. Tidak disangkal bahwa perekonomian nasional yang makin positif menunjang kebutuhan mereka. Selain itu, mereka lebih suka menjajal produk-produk baru.
Ketiga, I want it now! Konsumen sekarang ini tidak sabaran. Apa yang ia inginkan, sebisa mungkin harus mereka miliki secepat mungkin. Proses instan pun tak terelakkan. Tren serba cepat, serba mudah, dan terjangkau menjadi momentum di pasar Indonesia. Pemasar kudu menyadari hal ini.
Keempat, I do Care. Konsumen Indonesia tidak melulu menjadi mahkluk yang mengkonsumsi secara buta. Katakanlah, mahkluk hedonis! Namun, di tengah gempuran arus konsumerisme, orang Indonesia masih bisa memelihara jiwa sosialnya. Sebab itu, bila ada masalah yang sensitif menyinggung kehidupan sosial, konsumen Indonesia bangkit menunjukkan dukungannya. Kasus sandal jepit dan Banggar menjadi dua contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar