Minggu, 09 Desember 2012

PEMASARAN GERILYA

Pemasaran GerilyaPDFPrintE-mail
Written by BETSY YULIANA SADELI   
Sunday, 05 June 2011 14:22
Semua usaha bermula dari usaha yang kecil dan kemudian bertumbuh menjadi usaha besar. Banyak usaha-usaha yang kini telah bertumbuh menjadi usaha yang besar. Bagi para pengusaha mula-mula, mungkin tantangan yang mereka hadapi lebih ringan. Belum banyak persaingan yang terjadi karena masih sedikitnya pengusaha-pengusaha yang ada. Namun seiring berjalannya waktu, dimana jumlah pengusaha terus bertambah, kini tantangan menjadi lebih berat bagi para pengusaha-pengusaha yang baru membuka usahanya. Pertanyaannya adalah bagaimana seorang pengusaha baru yang membuka usaha kecil tersebut dapat bersaing dan bertahan menghadapi perusahaan-perusahaan besar dan perusahaan lain yang telah ada. Apa saja yang dapat dilakukan bagi para pengusaha kecil untuk dapat mengembangkan usaha mereka serta mengalahkan persaingan usaha besar.Strategi yang bagaimana yang baik bagi para pengusaha kecil.
Saat ini, begitu banyak perusahaan-perusahaan yang ada. Mulai dari perusahaan yang sangat besar dan mendunia, perusahaan yang cukup besar dan sukses, perusahaan biasa sampai perusahaan yang sangat kecil, atau usaha perorangan yang dilakukan di tempat tinggal mereka.
Bagi perusahaan besar yang sudah terkenal dan sukes, mereka sudah memiliki ‘kartu AS’ ditangan mereka. Dimana bahkan untuk perusahaan yang sudah mendunia, dapat mendominasi perkenomian yang ada. Meskipun begitu, perusahaan besar juga lebih mudah mengalami pengaruhdari perekonomian dunia. Misalnya saja saat terjadi krisis moneter, perusahaan-perusahaan besar lebih mudah jatuh. Namun tidak demikian halnya dengan para pengusaha kecil. Bahkan rupanya, usaha-usaha kecil dapat menjadi suatu bentuk pertahanan terhadap krisis keuangan atau perekonomian. Dapat kita lihat di Indonesia, pada saat krisis moneter, usaha-usaha kecil justru menjadi suatu pertahanan, dan bahkan usaha-usaha kecil lebih dapat bertahan dibanding perusahaan besar. Perputaran uang tetap terjadi pada usaha-usaha kecil, sehingga dapat dikatakan bahwa krisis tersebut tidak begitu mempengaruhi usaha-usaha kecil. Karena itu kita perlu turut memperhatikan usaha-usaha kecil.
Perusahaan kecil ternyata memiliki pengaruh yang juga cukup kuat dalam perekonomian. Dilihat dari jumlahnya, tentunya jumlah perusahaan kecil jauh lebih banyak dibanding perusahaan besar. Perusahaan kecil  misalnya toko baju, toko sepatu, tempat makan dan sebagaimacamnya, yang ruang lingkupnya dapat dibilang masih belum luas. Dibanding dengan perusahaan yang sudah terkenal, tentunya akan lebih sulit bagi pengusaha kecil untuk menarik pelanggan-pelanggan baru, karena produk pesaingnya telah jauh lebih dikenal oleh masyarakat banyak. Karena itu, para pengusaha kecil perlu melakukan strategi pemasaran yang baik, seperti strategi pemasaran gerilya.

Strategi Pemasaran Geriliya
Strategi pemasaran gerilya adalah strategi pemasaran yang kreatif, berbiaya rendah, dan non-konvensional, yang didesain untuk memberikan keunggulan bersaing perusahaan kecil terhadap pesaing yang lebih besar, lebih kaya, dan lebih kuat. Kampanye pemasaran yang sukses tidak menharuskan seorang wirausawan menghabiskan banyak uang, tetapi membutuhkan kreativitas, kecerdikan, dan pemahaman atas kebiasaan membeli para pelanggan. Rencana gerilya yang baik memfokuskan perhatian perusahaan kepada pelanggannya dan menyadari bahwa memuaskan pelanggan merupakan dasar bagi setiap perusahaan. Tujuan utama perusahaan tidak untuk medapatkan laba melainkan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan.. Setiap perencanaan dan tindakan perusahaan harus memprioritaskan pelanggan.
Rencana pemasaran gerilya harus mencapai empat tujuan:
1.      Harus menetapkan pasar-pasar sasaran khusus yang akan dilayani oleh perusahaan kecil.
2.      Harus menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui riset pasar.
3.      Harus menganalisis keunggulan kompetitif perusahaan dan menyusun strategi pemasaran gerilya sesuai dengan keunggulan tersebut
4.      Harus membantu menciptakan bauran pemasaran yang memuaskan kebutuhan dan keinginan para pelanggan.
Proses pemasaran geriliya dapat dijelaskan berikut :
ANALISIS --> HUBUNGKAN & KUMPULKAN --> PELAJARI --> JALIN HUBUNGAN --> JUAL, LAYANI, DAN PUASKAN --> ANALISIS

Menyusun Strategi Pemasaran Gerilya : Cara Mengembangkan Keunggulan Bersaing
Perusahaan kecil memiliki keunggulan bersaing jika pelanggannya memperoleh kesan bahwa produk atau jasanya lebih baik daripada produk atau jasa pesaing. Pemilik perusahaan dapat menciptakan pesepsi ini dengan berbagai cara. Banyak perusahaan kecil yang menciptakan harga rendah sebagai keunggulannya, namun harga dapat menjadi kriteria yang berbahaya dalam membangun keunggulan bersaing. Karena itu, para wirausahawan menggunakan berbagai teknik yang berfokus pada pelanggan, seperti layanan dan saran pribadi, perhatian pada setiap individu, pembayaran yang lebih fleksibel, dan kenyamanan untuk melakukan diferensiasi sendiri serta mempertahankan loyalitas pelanggan. Semuanya itu merupakan dasar yang kokoh untuk membangun keunggulan bersaing yang menjulang tinggi di pasar. Perusahaan kecil lebih efektif daripada perusahaan besar pesaingnya dalam pemasaran hubungan atau manajemen hubungan pelanggan.
Prinsip pemasaran gerilya:
·         Menemukan ceruk pasar dan mengisinya
·         Tidak hanya menjual, tetapi juga menghibur
·         Berjuang menjadi unik
·         Berhubungan dengan pelanggan pada tingkat emosi
·         Menciptakan identitas bagi perusahaan melalui merek
·         Memulai blog
·         Berfokus pada pelanggan
·         Kesetiaan pada kualitas
·         Perhatian pada kenyamanan
·         Konsentrasi pada inovasi
·         Dedikasi pada jasa dan kepuasan pelanggan

Perusahaan dapat memenuhi kepuasan dan layanan pelanggan dengan luar biasa, melalui hal-hal berikut:
Ø  Dengarkan pelanggan
Ø  Definisikan apa yang dimaksud dengan layanan yang lebih baik
Ø  Tetapkan standar dan ukuran kinerja
Ø  Pelajari daur  layanan perusahaan
Ø  Pandang layanan pelanggan sebagai investasi, bukan pengeluaran
·         Tekankan kecepatan

Filosofi kecepatan waktu ini didasarkan pada manajemen pemadatan waktu yang menyangkut tiga prinsip:
Ø  Mempercepat peluncuran produk baru ke pasar
Ø  Mempersingkat waktu respons pelanggan dalam proses produksi dan pengiriman
Ø  Mengurangi waktu administrasi yang diperlukan untuk memenuhi pesanan.


KESIMPULAN
Pemasaran (marketing) merupakan proses prnciptaan dan penyampaian barang dan jasa yang diinginkan kepada pelanggan dan meliputi kegiatan yang berkaitan dengan memenangkan dan mempertahankan pelanggan setia. Strategi pemasaran gerilya berarti strategi pemasaran yang kreatif, berbiaya rendah, dan non-konvensional yang didesain untuk memberikan keunggulan bersaing perusahaan kecil terhadap pesaing yang lebih besar , lebih kaya , dan lebih kuat. Rencana pemasaran bertujuan untuk merencanakan kerja anda dan melaksanakannya.
Perusahaan kecil juga dapat mengembangkan keunggulan bersaing di pasar yaitu dengan menggunakan strategi pemasaran gerilya :
·         fokus kepada pelanggan
·         kesetiaan pada kualitas
·         kenyamanan ,
·         inovasi ,
·         pelayanan dan kecepatan .
Fokus kepada pelanggan merupakan hal penting dalam persaingan usaha, Pelanggan itu seperti layaknya raja atau ratu yang harus anda layani dengan sebaik-baiknya. Apabila pelanggan kecewa dengan perusahaan Anda, perusahaan harus sepenuhnya memusatkan perhatian kepada mereka dengan cara yang luar biasa agar mereka mau kembali menjadi pelanggan Anda. Anda perlu mempraktikan manajemen pengalaman pelanggan yang mencakup :
·         pemahaman yang mendalam atas kebutuhan , keinginan , dan hal-hal khusus dari masing-masing pelanggan .
·         pesan-pesan yang pribadi dan disesuaikan dalam pemasaran , penjualan , pelayanan , dan periklanan .
·         perlakuan yang konsisten , ramah , dan professional oleh setiap orang di perusahaan .
·         penanganan yang responsif dan cepat terhadap permintaan , pertanyaan , masalah,  dan keluhan.
·         informasi yang membantu dan saran yang  disampaikan secara proaktif , sesuai kebutuhan .
·         keterlibatan orang – orang yang penuh perhatian dan terlatih , bukan mengandalkan teknologi untuk memberikan layanan .
·         pandangan jangka panjang atas hubungan perusahaan / pelanggan , daripada hanya berfokus pada “melakukan penjualan”.
·         penekanan pada keberlanjutan hubungan yang dibangun atas dasar saling percaya dan saling menghormati .
·         seiring menunjukkan komitmen hubungan yang dibangun atas dasar saling percaya dan saling menghormati .
·         seiring menunjukkan komitmen secara nyata untuk menjaga hubungan perusahaan / pelanggan .
Dengan melakukan 9 Prinsip – Prinsip Manajemen Pengalaman Pelanggan di atas pelanggan akan puas , setia , dan tetap menguntungkan perusahan Anda.
Peluang – peluang pemasaran yang ditawarkan World Wide Web kepada wirausahawan memang sangat menjanjikan. Menyadari potensi peningkatan penjualan untuk berbagai usaha semakin banyak wirausahawan yang mengintegrasikan Web ke dalam strategi pemasaran gerilya mereka. Dengan membuat sistus Web yang kreatif  dan menarik  membuat perusahaan yang paling kecil pun dapat memasarkan berbagai produk dan jasa yang mereka tawarkan kepada pelanggan di seluruh dunia. Bahkan salah satu keuntungan terbesar bagi para pemilik usaha yang menggunakan situs Web sebagai sarana pemasarannya memberikan kemudahan kepada para pelanggannya untuk berbelanja.
Menjalankan rencana pemasaran dimulai dari menentukan siapa pelanggan anda. Setelah mengetahui kepada siapa anda akan menjual barang dan jasa anda ada empat macam pemasaran yang dapat anda gunakan untuk mencapai tujuan . Empat macam pemasaran itu sering kita kenal dengan empat P yaitu Product , Place , Price , dan Promotion .
1.      Product (Produk)
adalah apa yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan . Ini merupakan fokus dalam pemasaran . Kita harus menjelaskan secara rinci kepada pelanggan produk apa yang kita tawarkan .
2.      Place (Tempat)
adalah titik penjualan dan pendistribusian produk . Tempat bisa berarti took eceran , situs e-commerce , katalog , dan lain sebagainya . Ada banyak cara untuk mencapai pelanggan , pastikan yang anda pilih adalah yang termudah bagi pelanggan , apabila pelanggan ingin membeli lewat internet , maka anda pun harus menjual dari internet .
3.      Price (Harga)
adalah jumlah uang dimana pelanggan rela memberikan sebagai ganti dari produk . Penentuan harga tidak mudah . Apabila anda menjual dengan harga terlalu rendah maka anda akan meningkatkan penjualan tetapi dengan hasil yang kecil . Tetapi apabila anda menjual dengan harga terlalu tinggi maka pelanggan anda akan beralih dan membeli dari saingan anda . Cara yang tebaik untuk menentukkan harga adalah dengan melihat keadaan pasar . Anda dapat menjual produk dengan harga yang tinggi apabila produk tersebut baru , unik dan tidak ada penggantinya . Sebaliknya anda harus menurunkan harga apabila produk tersebut banyak saingan dan ada barang penggantinya .
4.      Promotion (Promosi)
menjelaskan tentang aktivitas-aktivitas komunikasi yang digunakan untuk memastikan bahwa pelanggan tahu tentang tawaran-tawaran produk dari sebuah perusahaan . Promosi dapat kita lakukan melalui TV , Internet , Majalah , dan lain sebagainya .

Rencana pemasaran sebaiknya dipikirkan secara matang agar produk yang anda pasarkan dapat laku keras dipasaran sesuai dengan harga pasar dan anda mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar