Selasa, 04 Desember 2012

PASAR & PERMINTAAN


BAB 3 PASAR DAN PERMINTAAN PASAR

Pasar seringkali digambarkan sebagai potret konsumen yang secara riil maupun potensial akan menjadi pengguna dan pembeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Terdapat dua jenis pasar menurut sifat konsumennya, yaitu pasar individu yang menggunakan produk untuk memenuhi kebutuhan (konsumsi) serta pasar industri yang menggunakan produk sebagai bahan dalam proses produksi atau untuk dijual kembali. Batasan tentang pasar (market) yang dihadapi suatu organisasi bisnis merupakan hal penting yang harus ditentukan secara tepat. Suatu kegiatan bisnis membutuhkan definisi pasar strategis yang luas agar dapat menghindari definisi pasar yang sempit dan potensi untuk membatasi penemuan terhadap peluang pasar baru. Jika sebuah perusahaan mendefinisikan pasarnya terlalu luas, maka tindakan tersebut akan mengaburkan pasar yang menjadi target perusahaan. Namun, jika terlalu sempit, perusahaan akan kehilangan kesempatan mendapatkan pasar yang menguntungkan karena target pasarnya kecil/sedikit.
Permintaan pasar (market demand) terhadap produk terdiri atas customer baru dan customer yang sudah ada yang terus membeli produk. Permintaan pasar memnerikan pandangan mendasar dan menjadikan dasar pencapaian target pelanggan serta menjadi indikator awal terhadap efektifitas program pemasaran dan penjualan. Pada saat permintaan pasar mendekati potential market, maka pertumbuhannya akan melambat. Siklus kehidupan produk (product life cycle) menjelaskan tahap-tahap kehidupan suatu produk yang dimulai dari tahap perkenalan (introduction), tahap pertumbuhan (growth), tahap kedewasaan (maturity) dan diakhiri ketika mencapai tahap kemunduran (decline). Product life cycle pada setiap tahapan akan memberikan keuntungan yang berbeda. Pada saat permintaan pasar tidak lagi bertumbuh maka pencapaian volume penjualan hanya bisa diperoleh dengan pencapaian dalam market share.
Pasar potensial merupakan jumlah maksimum pelanggan yang dapat memasuki pasar. Terdapat beberapa faktor yang membatasi teracapainya pasar potensisal secara penuh, antara lain : Faktor Kepedulian, Faktor Ketersediaan, Faktor Kemampuan untuk dipakai, Defisiensi Manfaat/Benefit, Faktor Kemampuan. Salah satu tugas penting bagi manajer pemasaran adalah mengidentifikasi peluang pertumbuhan pasar dalam dua dimensi yaitu pangsa pasar dan kinerja keuangan.. Tingkat pertumbuhan pasar tergantung pada tingkat pertumbuhan pelanggan baru (rate of new customer entry). Laju pasar utama (mainstream market) yang memakai produk baru dipengaruhi oelh karakteristik konsumen, produk positioning dan pengaruh pasar, kepedulian terhadap kecukuoan produk dan ketersediaannya serta sejumlah faktor lain yang dapat bertindak mengakselerasi (mempercepat) atau memperlambat ketertarikan customer dan rate market growth. Percepatan pertumbuhan pasar dipengaruhi oleh Faktor Adopsi Customer dan Faktor Adopsi Produk. Pertumbuhan pasar dapat ditentukan melalui total penjualan pada periode saat ini dengan total penjualan dalam periode waktu sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar